Kamis, 28 Mei 2015

TUGAS TIK 2 (2013.01.099)



BAB I
PENDAHULUAN
                                                                 
A.       LATAR BELAKANG
Pembelajaran adalah suatu kegiatan yang bernilai edukatif. Nilai edukatif mewarnai interaksi yang terjadi antara guru dan anak didik. Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan diarahkan untuk mencapaitujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar melakukan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran.
B.       RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian media pembelajaran ?
2.      Apa saja macam-macam media pembelajaran ?
3.      Apa fungsi dari media pembelajaran ?




A.      Macam-Macam Media Pembelajaran dan Karakteristiknya
Berdasarkan perkembangan teknologi tersebut, media pembelajaran dikelompokkan kedalam empat kelompok yaitu:
1.      Media Hasil Teknologi
Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui prosespercetakan mekanisatau photografis.
Kelompok media hasil teknologi cetak antara lain: teks, grafik, foto atau representasi fotografik.  karakteristik media hasil cetak :
a.       Teks dibaca secara linear
b.      Menampilkan komonikasi secarasatu arah dan reseptif
c.       Ditampilkan secara statis atau diam
d.      Pengembangannya sangat tergantung kepada prinsip-prinsip pembahasan
e.       Berorientasi atau berpusat pada siswa.
f.       Informasi dapat diatur atau ditata ulang oleh pemakai
2.      Media hasil teknologi audio-visual
Karakteristik :
a)      Bersifat linear
b)      Menyajikan visual yang dinamis
c)      Digunakan dengan cara yang telah ditentukan sebelumnya oleh perancang.
d)     Merupakan representasi fisik dari gagasan real atau abstrak
e)      Dikembangkan menurut prinsip psikologis behafiorisme dan kognitif
f)       Berorientasi pada guru
3.      Media hasil teknologi yang berdasarkan komputer
Karakteristik media hasil teknologi yang berdasarkan komputer:
a.       Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial atau secara linear
b.      Dapat digunakan sesuai keinginan siswa atau perancang
c.       Gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan simbol dan grafik
d.      Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media ini
e.       Berorientasi pada siswa dan melibatkan interaktifitas siswa yang tinggi.[1]
4.      Media hasil gabungan tenologi cetak dan teknologi computer
Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random akses memori yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah dengan pararel (alat-alat tambahan), seperti: vidio disk player, perangkat keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem audio.
a.       Dapat digunakan secara acak, sekuensial, linear
b.      Dapat digunakan sesuai keinginan siswa, bukan saja dengan direncanakan dan diinginkan oleh perancangnya
c.       Gagasan disajikan secara realistik sesuai dengan pengalaman siswa, menurut apa yang relefan dengan siswa dan dibawah pengendalian siswa
d.      Prinsip ilmu kognitif dan konstruktifisme ditetapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran
e.       Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pengetahuan itu digunakan
f.       Bahan-bahan pelajaran melibatkan interaktif siswa
g.      Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.
            Selain pembagian itu ada lagi pembagian media pembelajaran menurut jenis, daya liput, dan bahannya
1)      Dilihat dari jenisnya, media terbagi menjadi:
a)      Media auditif
b)      Media visual
c)      Media audio visual
Media ini dibagi dalam :
(1)              Audio visual murni yaitu baik unsur suara maupun unsur gambar derasal dari satu sumberseperti video kaset
(2)              Audio visual tidak murni yaitu unsur suara dan unsur gambarnya berasal dari sumber yang berbeda. Misalnya filmbingkai suara yang unsur gambarnya berasal dari slides proyektor dan unsur suaranya berasal dari tape recorder.
2)      Dilihat dari daya liputnya, media terbagi menjadi:
a)      Media dengan daya liput luas dan serentak
b)      Media dengan daya liput terbatas oleh ruang dan tempat
c)      Media untuk pembelajaran invidual
3)      Dilihat dari bahan-bahannya, media terbagi menjadi:
a)        Media sederhana
b)        Media kompleks.[2]




[1] Nana Sujana dan Ahmad Rifa’i, Media Pengajaran, (Bandung : Cv. Sinar baru, 1997) hlm 10
[2] Anwar Rosihon, Media pembelajaran (Pemanfaatan dan Penggunaannya), (Jakarta : Pustaka, 2008)    hlm. 45.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar